Jumat, Februari 27, 2009

MARINES COPRS: IN THE BEGINNING


Marine atau marinir berasal dari bahasa latin ‘marinus’ yang berarti laut. Marinir adalah kekuatan militer yang dioptimasikan untuk operasi militer di laut. Di lihat dari sejarah, kekuatan mariner adalah bagian dari kekuatan AL. Meskipun demikian, di beberapa negara, kekuatan mariner berdiri sendiri dan terlepas dari kekuatan AL.

Pada awalnya, penugasan marinir adalah memberikan perlindungan keamanan di atas kapal perang selama di laut. Selain itu, marinir ditugaskan untuk merebut dan mengamankan pantai sebagai upaya dukungan pendaratan kapal. Pada abad ke 20, penugasan marinir mengalami perluasan dan menjadi pasukan inti dalam pendaratan pantai atau amphibious warfare.

Tidak semua negara menggunakan kata ‘marine’ sebagai penamaan untuk pasukan marinir. Di beberapa negara seperti Spanyol, Jerman dan Rusia, menggunakan nama ‘naval infantry’ sebagai nama pengganti ‘marine’. Selain itu juga ada yang menggunakan istilah coastal infantry. Di negara-negara berbahasa Perancis, kata yang digunakan sebagai terjemahan dari ‘marine’ adalah ‘troupe de marine’ dan ‘fusilier-marine’. Penggunaan nama lain adalah ‘Fuzileiros Navais’ di negara-negara berbahasa Portugis.

Peran Marinir saat ini

Pada saat ini, peran pasukan marinir adalah melakukan operasi militer di wilayah pesisir pantai atau littoral zone, beroperasi mulai dari kapal perang untuk mengamankan pendaratan serta mengamankan wilayah dari pantai sampai dengan 50 mile dari pantai ke darat. Satuan tugas marinir bertugas dari kapal perang dengan menggunakan helikopter, landing-craft, hovercraft atau kendaraan amfibi. Mereka juga dapat diturunkan melalui penerjuanan. Sebagai tambahan tugas, pasukan marinir juga dapat digunakan untuk pendukung tugas AL, seperti penjagaan pelabuhan dan operasi di wilayah sungai.

Jaman Romawi

Pasukan marinir mulai dikenal pada abad pertama sebelum masehi. Pada masa tersebut, pengelompokkan kru kapal perang dibagi atas: marinir, rowers/seamen, craftsmen dan berbagai pekerjaan pada kapal perang.

Detasemen marinir dibentuk untuk memperkuat kapal perang yang berpangkalan di Marseilles. Kapal perang merupakan kekuatan laut Romawi di wilayah barat Eropa (1).

Modern Marine

Marinir mulai diorganisasikan secara modern semenjak abad ke 16. Dimulai dengan pembentukan ‘Infanteria de Armada’ (Naval Infantry) yang dibentuk pada tahun 1537. Konsep pasukan marinir yang digunakan saat ini adalah berdasarkan konsep dari Raja Philip II dari Spanyol. Kekuatan marinir ini juga merupakan bagian dari kekuatan militer ekspedisi untuk menyebarkan wilayah koloni Spanyol. Saat ini Pasukan marinir Spanyol bernama ‘Infanteria de Marina’ merupakan salah satu pasukan elit Spanyol serta dianggap sebagai pasukan marinir modern ‘tertua’ di dunia (2).

Korps Marinir Portugis (Corpo de Fuzileiros) adalah unit militer tertua di Portugal, yang dibentuk pada tahun 1621. Perlu dicatat juga, peran ‘marinir’ sebenarnya sudah ada sejak penyertaan pasukan artileri dan pasukan senapan pada kapal perang Portugis semenjak tahun 1585. Pasukan marinir Portugis ini juga menjadi pasukan elit dan berfungsi juga sebagai bagian dari pengamanan terhadap kerajaan. Korps Marinir Brasil (Corpo de Fuzileiros Navais do Brasil) merupakan hasil ‘bentukan’ dari Korps Marinir Portugis pada tahun 1808, pada saat pengungsian keluarga kerajaan Portugis ke Brasil akibat perang Napoleon (3).

Pasukan Marinir Perancis (Troupes de Marine) dibentuk pada tahun 1622, dimana pada waktu itu merupakan pasukan darat, yang merupakan bagian kekuatan AL Perancis di wilayah koloni Kanada-Perancis. Dalam kiprahnya, pasukan marinir ini lebih sering mendapatkan penugasan luar negeri. Kemudian pada tahun 1900, pasukan ini ditransfer ke AD Perancis dan menjadi bagian dari pasukan kolonial (Troupes Coloniales) dengan julukan la Coloniale atau disingkat la Colo. Pembubaran pasukan kolonial ini pada tahun 1958, tidak merubah ‘kepemilikan’ AD Perancis atas pasukan marinir ini (4).

Pasukan marinir lain yang dianggap sebagai perintis pasukan marinir modern adalah Royal Marines. Berdiri pada tahun 1664, dengan nama Duke of York and Albany’s Maritime Regiment of Foot atau dikenal dengan nama Admiral ‘s Regiment. Pembentukan pasukan ini merupakan bagian dari mobilisasi menghadapi perang Anglo-Dutch kedua. Kini, Royal Marines merupakan salah satu kekuatan ‘elit’ dari pasukan Inggris dalam berbagai penugasan di seluruh dunia (5)

Jangan lupa, bahwa Netherland Marine Corps (Korps Mariniers) juga merupakan salah satu pasukan marinir tertua di dunia. Korps Mariniers dibentuk pada tahun 1665 dan digunakan untuk menghadapi perang Anglo-Dutch kedua. Sebenarnya, pada perang Anglo-Dutch pertama, Belanda telah menempatkan sebagian kecil tentara infanterinya pada kapal-kapal perang. Sempat dibekukan pada penjajahan Napoleon, namun kembali dibentuk pada tahun 1814. Korps Mariniers merupakan andalan Belanda dalam operasi militer dan operasi keamanan di luar negeri serta penjagaan negara protektorat Belanda seperti Aruba (6)

Oorah …

Tidak ada komentar:

Posting Komentar