Sabtu, Februari 28, 2009

MARINES CORPS: IDMC ‘ELITE’ TROOP – 3



Regu Pandu Tempur (battalion recon team) atau disingkat RUPANPUR adalah unit dalam batalyon infanteri marinir, yang didesain mampu bergerak cepat ke garis depan dan menjadi mata dan telinga bagi batalyonnya. Pengintaian, sabotase, peninjau depan, pengumpul data intel, pengarah bantuan tembakan (forward controller) adalah sebagian tugas yang diemban oleh Rupanpur ini. Sebelumnya istilah Rupanpur digunakan, digunakan nama Regu Penyelidikan Lapangan Marinir (Rulidiklap).

Setiap Rupanpur di yonif marinir beranggotakan 14 orang terdiri dari dua bintara dan 12 tamtama. Setiap personel memiliki kemampuan merata mencakup tembak runduk, senjata bantuan, senapan mesin, bahan peledak dan komunikasi. Regu ini langsung di bawah kendali Pasi 1 dengan supervisi Danyon.

Seleksi dan pelatihan

Calon anggota regu ini menjalani seleksi awal di tingkat batalyon. Seleksi awal di tingkat batalyon ini langsung dipimpin oleh Danyon. Seleksi awal meliputi tes fisik, mental dan psikotes. Di samping penilaian atas inisiatif yang tinggi serta jiwa kepemimpinan, juga menjadi pertimbangan kelulusan.

Materi pelatihan Rupanpur terdiri dari: pemantapan kemampuan operasi darat, materi kelautan, Rupanpur dalam serangan, Rupanpur dalam pertahanan, dan materi kombinasi.

Pemantapan kemampuan operasi darat dilakukan di Puslatpur Marinir Antralina, Sukabumi. Materi yang diajarkan antara lain: ilmu senjata, patrol, navigasi darat, mobud, air supply, dan pandu heli.

Materi kelautan di lakukan Pangandaran, dimana diajarkan antara lain: teknik menembus gelombang, renang laut, mengemudikan motor temple, menembak di atas perahu karet sampai long range navigation.

Materi Rupanpur serangan dan pertahanan merupakan materi dimana setiap siswa berlatih dalam regu untuk melakukan serangan maupun melakukan pertahanan.

Materi kombinasi merupakan materi kasus yang harus dipecahkan oleh para siswa dalam suatu regu.

Pelatihan Rupanpur ini bertujuan untuk memelihara dan meningkatkan kemampuan dan keterampilan prajurit Rupanpur dalam antisipasi penugasan.

Oorah…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar